Dalam Balik Kemasan Si Bubur Putih Yang Menghawatirkan

Selamat datang lagi di blog saya. 🙂 Tidak bosan-bosannya saya muncul lagi untuk menulis sebuah tulisan.

Setelah tulisan Kilauan Pelangi Yang Terpancar Di Gelembung Sabun. Di tulisan saya selanjutnya, saya akan menulis “Dalam Balik Kemasan Si Bubur Putih Yang Menghawatirkan”

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, ya mungkin anda sudah tahu kepanjangan dari IPTEK tersebut, suatu yang berkaitan dengan teknologi. Definisi lebih lengkap tentang teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuh kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga menggunakan teknologi.

Dalam IPTEK dan perkembangannya, menurut Adolf Portman, secara biologis manusia yang dipandang sebagai premature, karena manusia tidak memiliki daya penyesuaian terhadap lingkungan secara alami. Manusia yang tidak dapat bertahan hidup sendiri (makhluk sosial). Merupakan kekurangan dalam kemampuan manusia untuk menciptakan suatu lingkungan tiruan yang bentuknya beraneka ragam. Dalam hal ini manusia dibekali teknik untuk membuat lingkungan menjadi cocok dengan dirinya, sehingga muncul kebudayaan manusia sebagai hasil abstraksi manusia terhadap lingkungan dan permasalahannya. Meskipun tinggi tingkat kemampuan berabstraksi, makin tinggi pula kebudayaan orang atau bangsa tersebut.

Teknik secara umum diartikan sebagai alat perlengkapan dan metode membuat sesuatu. Teknologi adalah ilmu terapan dan suatu cara untuk teknik memproduksi atau memproses membuat sesuatu yang lebih mengembangkan ketrampilan manusia.

Terdapat beberapa proses teknik yaitu:
a. Fase Teknik Destruktif, yaitu untuk memecahkan segala masalah dan kebutuhannya.
b. Fase Teknik Konstruktif, yaitu mampu melakukan penciptaan, sehingga menghasilkan kebudayaan baru yang sebelumnya tidak terdapat di alam.
c. Fase Modern, yaitu merupakan puncak perkembangan teknik yang telah dicapai manusia.


Tingkatan teknologi berdasarkan penerapannya, yaitu:
a. Teknologi Tinggi (High-tech), yaitu jenis teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru (misalnya: komputer, laser).
b. Teknologi Madya, yaitu jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat lebih sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan. Cirinya: tidak memerlukan modal yang terlalu besar, dan tidak memerlukan pengetahuan baru.
c. Teknologi Tepat Guna, yaitu teknologi madya dengan tingkatan yang lebih sederhana. Cirinya: skala modal kecil, peralatan yang digunakan sederhana, dan pelaksanaannya bersifat karya.

IPTEK yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dan tanpa disadari untuk beraktivitas anda menggunakan IPTEK juga. Salah satunya yaitu dalam pemenuhan kebutuhan primer. Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan (seperti: makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan).

Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.
Salah satunya yang sangat di butuhkan adalah Kebutuhan Primer. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang sangat harus terpenuhi, artinya apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi, maka manusia akan mengalami kesulitan dalam hidupnya.

Apakah salah satu nama macam kebutuhan primer, agar manusia dapat bertahan atau mempertahankan hidupnya?
Kebutuhan Pangan yang merupakan salah satu macam yang dapat mempertahankan kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan pangan ini terus meningkat baik kualitas maupun kuantitasnya, sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk.

Dalam Balik Kemasan Si Bubur Putih Yang Menghawatirkan

Dalam Balik Kemasan Si Bubur Putih Yang Menghawatirkan

Dalam Balik Kemasan Si Bubur Putih Yang Menghawatirkan
Dengan memanfaatkan IPA dan Teknologi yang semakin berkembang manusia dapat menciptakan makanan untuk menciptakan suatu kelangsungan hidup manusia. Perkembangan teknologi yang berjalan pesat dan juga kebutuhan dalam kelangsungan hidup manusia yang semakin banyak, maka makanan dapat diproduksi dengan mesin salah satu contohnya yaitu bubur instan. Bubur merupakan istilah umum untuk mengacu pada campuran bahan padat (nasi) dan cair (air), dengan komposisi cairan yang lebih banyak daripada padatan dan keadaan bahan padatan yang tercerai-berai. Istilah ini biasa dipakai dalam dunia boga. Bubur mempunyai banyak macamnya yaitu:

– Bubur Ayam
– Bubur Kacang Hijau
– Bubur Ketan Hitam
– Bubur Candil
– Bubur Sumsum

Tetapi di dalam bubur instan yang saya tulis ini merupakan bubur ayam. Perkembangan zaman yang sudah melanda si Bubur Ayam ini dengan kemajuan iptek, yang sekarang dapat dibuat dengan mudah.

Dengan cara pembuatannya yang praktis:
Masukkan bahan nasi instan yang telah bercampur daging ayam instant ke dalam wadah piring atau mangkok. Tuang air panas 250 cc lalu aduk-aduk sampai rata dan kemudian diamkan selama 3 menit. Setelah itu Bubur sudah jadi dan diap ditaburi bawang goreng, kecap, saus sambal dan kerupuk di atasnya. Mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

Bubur Ayam Instan yang mempunyai manfaat yaitu:

  • Sebagai sumber tenaga utama yang cepat karena mudah diserap tubuh,
  • Mengenyangkan
  • Mudah dicerna dengan cepat
  • Dapat menaikan gula darah
  • Mengandung protein dibutuhkan untuk membangun dan memperbaiki sel2 yg rusak. (Tetapi karena jumlah proteinnya yg kecil, maka sebagai sumber energi utama daripada sumber protein)
  • Kecilnya kandungan lemak jenuh, kolesterol dan sodium, bahkan tidak ada sama sekali
  • Mudah konsumsi bagi yang mempunyai masalah di rongga mulut (sariawan), tidak/belum mempunyai gigi (bayi) maupun orang yang sedang sakit (misalnya: demam, flu)
  • Dapat disajikan dengan cepat
  • Mudah ditemukan (seperti: swalayan)
  • Tidak menyita waktu
  • Harga produk relatif murah
  • Daging ayam mengandung 9 asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, bermanfaat untuk pertumbuhan dan penggantian sel tubuh yang rusak.
  • Daging ayam mengandung Haeme iron (zat besi haeme) bermanfaat untuk mempertahankan simpanan zat besi pada tubuh, sehingga terhindar dari penyakit anemia.
  • Dapat menghilangkan gejala diare, nafsu makan yang menurun, anemia, serta ketidakseimbangan hubungan antara kerja limpa dan pankreas. Hal ini telah dilakukan dalam pengobatan tradisional di China.
  • Daging ayam mengandung sejumlah asam amino Tyrosine, yang bermanfaat untuk otak sehingga menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Dari manfaat yang terkandung tersebut, ternyata terdapat bahan aditif yang terkandung di dalamnya.
Beberapa bahan aditif yang terdapat di dalam kemasan bubur instan, sebagai berikut:

  1. Terdapat Bahan pengawet
    Tujuan penggunaan bahan pengawet pada makanan adalah untuk mencegah atau kerusakan/pembusukan yang disebabkan oleh mikroorganisme, sehingga makanan lebih tahan lama atau tidak mudah basi. Bahan pengawet alami tidak berbahaya bagi kesehatan manusia, misalnya pemanfaatan garam dapur untuk mengawetkan ikan asin. Namun bahan penggunaan pengawet sintetik dapat membahayakan tubuh. Contoh bahan pengawet sintetik adalah natrium benzoat, BHT (butil hidroksi toluena), BHA (butil hidroksi anisol), kalium nitrat, asam sitrat, kalium nitrit, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut sering dipakai oleh industri makanan sebagai bahan pengawet dalam makanan kemasan.
  2. Butylated hydroxyanisole (BHA) dan butylated hydroxytoluene (BHT)
    BHA dan BHT bersama asam sitrat juga sering digunakan untuk mengawetkan minyak agar tidak tengik. Nitrit biasa dipakai manusia untuk mengawetkan daging, padahal zat aditif ini dapat bereaksi dengan gugus amino dalam daging dan membentuk nitrosamina yang bersifat racun dan karsinogen. Dan juga dapat menyebabkan kelainan kromosom pada orang yang alergi terhadap aspirin.
  3. Mono Sodium Glutamat (MSG)
    Monosodium Glutamat (MSG) sering digunakan sebagai penguat rasa makanan buatan dan juga untuk melezatkan makanan. Tetapi MSG ini sangat bahaya untuk tubuh kita. Adapun penguat rasa alami diantaranya adalah bunga cengkeh, pala, merica, cabai, laos, kunyit, ketumbar. Contoh penguat rasa buatan adalah monosodium glutamat/vetsin, asam cuka, benzaldehida, amil asetat.

Karena terdapat bahan aditif yang terkandung di bubur instan, juga mengakibatkan dampak negatif bagi yang memakan bubur instan tersebut, yaitu sebagai berikut:

  • MSG (Mono Sodium Glutamat) yang terdapat di dalam kemasan bubur instan dapat memperburuk gangguan saraf degeneratif seperti alzheimer, penyakit Parkinson, autisme serta ADD (attention deficit disorder).
  • MSG juga meningkatkan risiko dan kecepatan pertumbuhan sel-sel kanker.
  • Kejang
  • Mual
  • Alergi
  • Serangan asma
  • Sakit kepala
  • Mulut terasa kering
  • Meningkatkan Risiko Serangan Jantung
  • Membuat Ketagihan. (Mengandung zat aditif yang dapat membuat ketagihan dan merangsang untuk ingin terus memakannya sesering mungkin).
  • Memicu Diabetes (Kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi dalam makanan cepat saji akan memicu terjadinya resistensi insulin yang berujung pada penyakit diabetes)

ihh, mengerikan ya? >.<
Bubur Instan jika dikonsumsi sekali-kali tidak mengapa, karena racun yang masuk ke dalam tubuh kita dapat di netralisasikan oleh tubuh. Tetapi jika dikonsumsi terus-menerus akan memperoleh dampak yang buruk untuk masa jangka pendek maupun panjang.


Lebih baik anda membuat bubur sendiri dan meluangkan waktu anda sedikit untuk membuatnya. Cita rasanya lebih nikmat daripada dibuat dengan instan.
Dan juga Jadi, perhatikanlah makanan yang Anda konsumsi mulai sekarang, karena sehat itu mahal harganya!

Bagaimana dengan informasi tentang Bubur Instan diatas??

Jika terdapat kata-kata yang kurang ataupun salah mohon dimaafkan dan juga mohon dibenarkan sebagaimana mestinya. Dengan menuliskan komentar anda.

Komentar/ opini anda sangat dibutuhkan, agar saya dapat membuat tulisan yang benar dan lebih baik lagi dari sebelumnya..

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kebutuhan
http://id.wikipedia.org/wiki/Bubur
http://artikel-kependidikan.blogspot.com/2012/10/dampak-negatif-makanan-cepat-saji-bagi.html
http://siapsob.wordpress.com/2012/01/26/5-manfaat-mengkonsumsi-daging-ayam/

 

2 thoughts on “Dalam Balik Kemasan Si Bubur Putih Yang Menghawatirkan

  1. Isi blognya keren ka, bisa jadi pembelajaran. Karena saya salah satu penggemar bubur instan di kosan *maklum anak kos jadi rada males keluar beli makan*. Berkat blog ini saya bisa jadi lebih teliti buat milih makanan
    Makasih informasinya ka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s